Selamat Datang di PAUD AURA ISLAMI - Mojorejo - Pungging - Mojokerto

Anak Harusnya Belajar atau Bermain ??

http://paudauraislami.blogspot.co.id/2016/03/anak-harusnya-belajar-atau-bermain.html

Bermain atau belajar? Yang pasti kegiatan apalagi yang disukai anak-anak kalau tidak bermain, bermain adalah media anak-anak agar anak itu bisa berkreasi karena anak-anak akan lebih aktif, anak-anak juga berkhayalnya sangat kuat sehingga anak anak menggaggap permainan itu serius bahkan hal yang wajib dilakukan setiap saat. 

Anak-anak mempunya rasa kesenangan sendiri dengan cara bermain, bahkan orang dewasa saja butuh waktu luang untuk bermain apalagi yang seusia anak-anak. Sedangakan anak-anak juga butuh pembelajaran atau pengetahuan dasar yang harus dimengerti oleh anak. Bagaimana caranya guru-guru PAUD, TK atau RA itu bisa memadukan kegiatan bermain dan belajar itu menjadi satu, karena anak-anak akan lebih senang dengan cara seperti itu, dan anak-anak bisa lebih muda menerima pengetahuan yang seharusnya mereka ketahui sesuai usianya. 0-2 tahun adalah masa anak-anak mulai bisa bergerak dan 3-6 tahun adalah masa anak-anak mulai bisa berjalan & berbicara. Menurut Plato “anak-anak lebih mudah mempelajari Aritmatika dengan cara permainan” sedangkan menurut Sudono “bermain adalah satu kegiatan yang dilakukan dengan atau tanpa mempergunakan alat yang menghasilakan pengertian atau memberikan informasi, memberikan kesenangan maupun mengembangkan imajinasi anak”. 

Jadi metode pembelajaran dengan cara bermain dirasa paling ampuh dan mudah diterimah oleh anak-anak karena memberi kesempatan kepada anak untuk bereksplorasi srta mempraktekannya langsung. Permainan dapat dipraktekan untuk keterampilan membaca dan menghitung sederhana. Menjadi guru juga harus memberi kesempatan dan membebaskan anak-anak didiknya berkreasi agar tidak merasa takut atau berekspresi dengan apa yang telah anak-anak pikirkan.

Dari uraian diatas dapat disimpulakn bahwa kreativitas anak-anak bisa tampil dini dan terlihat saat anak itu bermain dan bermain juga menambah daya ingat anak, maka dengan bermain dapatmembantu anak menyesuaikan diri dengan baik dalam kehidupannya, anak juga bisa mengatasi masalah sehari-hari dari hasil bermain tersebut.

Metode yang sesuai dengan usia perkembangan anak yang memang membutuhkan wahana dalam mengembangkan segala aspek perkembangan, mulai dari perkembangan fisik, perkembangan kognitif maupaun perkembangan emosional. Dapat mendorong minat anak belajar,karena anak tidak sadar bahwa sebenarnya mereka seang belajar tapi anggapan mereka bermain.

Metode ini sangat kuat, memang cocok digunakan dalam dunia PAUD, TK atau RA dan semua guru-guru pasti menerapkan metode ini. Tidak hanya dalam dunia anak, di SD/MI, SMP/MTS,SMA/SMK/MA bahkan di Perguruan Tinggi juga menerapkan metode ini.
Baca Juga Artikel Ini :




Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/usfitriyah/bermain-atau-belajar_565ddcaeec9673241d5f0458
Share this post :

Posting Komentar

PAUD AURA ISLAMI

PAUD AURA ISLAMI adalah lembaga pendidikan sekolah yang membimbing dan mendidik anak dengan kegiatan islami. dengan metode 4 pilar yaitu, learning to know, learning to do, learning to be, learning to live together

PENGUMUMAN

MENERIMA PENDAFTARAN MURID BARU
TAHUN AJARAN 2019 / 2020


Usia dan jenjang pendidikan

POS PAUD ( 2-3 TAHUN)

KB (3-4 TAHUN) 07.30 - 09.30 WIB

TK (4-6 TAHUN) 07.00 - 10.30 WIB

KUOTA TERBATAS.........!

Tempat pendaftaran:

PAUD AURA ISLAMI
Dusun Banyu urip - Desa Mojorejo
Kec. Pungging - Mojokerto

hotline : 082330635313

Statistik Blog

 
Support : Paud Aura Islami | Sekolah Unggulan | Sekolah Berbasis Islam
Copyright © 2015. Paud Unggulan Mojokerto - All Rights Reserved
Template by Sekolah Modern Modified by Paud Aura Islami
Proudly powered by Blogger