18 Nilai Pendidikan Karakter PAUD
2. Jujur
3. Toleransi
4. Disiplin
5. Kerja keras
6. Kreatif
7. Mandiri
8. Demokratis
9. Rasa ingin tahu
10. Semangat kebangsaan
11. Cinta tanah air
12. Menghargai prestasi
13. Bersahabat/komunikatif
14. Cinta damai
15. Gemar membaca
16. Peduli lingkungan
17. Peduli social
18. Tanggungjawab
Paradigma Pendidikan Karakter pada PAUD
Pendidikan karakter adalah upaya penanaman nilai dan sikap, bukan
pengajaran, sehingga memerlukan pola pembelajaran fungsional.
Pendidikan karakter menuntut pelaksanaan oleh 3 (tiga) pihak secara sinergis,
yaitu: orang tua, satuan/lembaga pendidikan, dan masyarakat.
Materi dan pola pembelajaran disesuaikan dengan pertumbuhan psikologis
peserta didik.
Materi pendidikan karakter berbasis kearifan local.
Materi pendidikan karakter diintegrasikan ke dalam materi pembelajaran lain
Tahap dan Prioritas Pendidikan Karakter Bangsa Melalui PAUD
* Tahap I: 2010-2014
Arah :
Mewujudkan peserta didik dan PTK yg menyadari dan meyakini kembali Pancasila sebagai dasar pandangan hidup bangsa.
Prioritas :
Reorientasi penumbuhan kesadaran sikap dan keyakinan pentingnya penghayatan nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah dan ideologi Negara melalui proses pembelajaran dan pengembangan budaya satuan pendidikan.
Penyusunan perangkat kebijakan yang terpadu yang berupa tersusunnya kembali kurikulum berbasis ideologi Pancasila.
Pelaksanaan perangkat kebijakan agar dapat melaksanakan pendidikan karakter secara efektif dengan memberdayakan seluruh subyek yang terkait.
Evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter bangsa pada satuan pendidikan.
* Tahap II: 2015-2019
Arah :
Memantapkan peserta didik dan PTK yg menjunjung etika dan kemampuan tinggi dalam memanifestasikan nilai-nilai luhur budaya bangsa dalam kehidupan sehari-hari.
Prioritas :
Pengokohan dan pemantapan nilai etika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta kesadaran sikap dan keyakinan pentingnya penghayatan nilai-nilai Pancasila.
Pemantapan pengukuhan kurikulum berbasis ideologi Pancasila yang terintegrasi dalam setiap kelompok mata pelajaran secara holistik.
Pemantapan perangkat kebijakan agar dapat melaksanakan pendidikan karakter secara lebih efektif.
Monitoring dan evaluasi pelaksanaan tahap I.
Evaluasi dan monitoring pelaksanaan pendidikan karakter bangsa pada satuan pendidikan.
* Tahap III: 2020-2024
Arah :
Terwujudnya masyarakat yang berKetuhanan YME, berkemanusiaan yang adil dan beradab, berjiwa persatuan Indonesia, berjiwa kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakailan, serta berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Prioritas :
Pengukuhan, pemantapan, dan pembudayaan nilai etika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Pemantapan pengukuhan kurikulum berbasis ideologi Pancasila yang terintegrasi dalam setiap kelompok mata pelajaran secara holistik.
Pembinaan perangkat kebijakan pelaksanaan agar dapat melaksanakan pendidikan karakter secara lebih efektif sesuai dengan perubahan jaman.
Monitoring dan evaluasi pelaksanaan tahap II.
Evaluasi dan monitoring pelaksanaan pendidikan karakter bangsa pada satuan pendidikan.
Peningkatan ketahanan nasional bangsa Indonesia dengan memupuk semangat kesatuan dan persatuan, toleransi antarumat beragama, antarsuku bangsa, antarras, antaradat, dan menjunjung tinggi kesetaraan gender atau pengarusutamaan gender.
Baca
Juga Artikel Ini :
sumber : kurikulumpaud
Posting Komentar